Selasa, 15 September 2009

Bahan Ajar PKn XII

BAHAN AJAR 1

Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester : XII / 1
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit

A. Standar Kompetensi
1. Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila sebagai Ideologi terbuka

B. Kompetensi Dasar
1.1 Mendeskripsikan Pancasila sebagai Ideologi terbuka

C. Indikator.
1.1 Mendeskripsikan Makna Ideologi Negara
1.2 Mengemukakan proses Pancasila sebagai dasar Negara
1.3 Menguraikan fungsi pokok Pancasila sebagai Dasar Negara dan Ideologi Negara

D. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat mendeskripsikan makna Ideologi Negara
2. Siswa dapat menjelaskan proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara
3. Siswa dapat menjelaskan fungsi pokok Pancasila sebagai Dasar Negara dan Ideologi Negara.

E. Ringkasan Materi
1. Makna Ideologi Negara
Kumpulan ide, gagasan dan cita – cita yang melahirkan aturan – aturan dalam kehidupan bernegara.

2. Proses Perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara
a. Mr. Muhammad Yamin, pada siding BPUPKI tanggal 29 Mei 1945 menyampaikan rumusan asas dan dasar Negara sebagai berikut :
1) Peri Kebangsaan
2) Peri Kemanusiaan
3) Peri Ketuhanan
4) Peri Kerakyatan
5) Kesejahteraan Rakyat

Setelah menyampaikan pidatonya, Mr. Muhammad Yamin menyampaikan usul tertulis naskah rancangan Undang – undang Dasar. Di dalam pembukaan rancangan UUD itu tercantum rumusan lima asas dasar Negara yang berbunyi sebagai berikut :
a) Ketuhanan Yang Maha Esa
b) Kebangsaan Persatuan Indonesia
c) Rasa Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab
d) Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
e) Keadilan Sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
b. Mr. Soepomo, pada tanggal 31 Mei 1945 antara lain dalam pidatonya menyampaikan usulan lima dasar Negara, yang sebagai berikut :
1. Paham Negara Kesatuan
2. Perhubungan Negara dengan Agama
3. Sistem Badan permusyawaratan
4. Sosialisasi Negara
5. Hubungan antara bangsa

c. Ir. Soekarno, dalam siding BPUPKI pada tanggal 1 Juni 1945 mengusulkan rumusan dasar Negara adalah sebagai berikut :
1) Kebangsaan Indonesia
2) Internasionalisme atau kemanusiaan
3) Mujakat atau demokrasi
4) Kesejahteraan sosial
5) Ketuhanan yang berkebudayaan

d. Panitia kecil pada siding PPKI tanggal 22 Juni 1945 memberi usulan rumusan dasar Negara adalah sebagai berikut :
1) Ketuhanan, dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk pemeluknya
2) Kemanusiaan yang adil dan beradab
3) Persatuan Indonesia
4) Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
5) Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Panitia Kecil / panitia 9 (sembilan) pada akhirnya menghasilkan piagam Jakarta (Jakarta Charter), dengan anggota :
- Drs. Mohammad Hatta
- Mr. Muhammad Yamin
- Mr. A. Subardjo
- Mr. A. A Maramis
- Ir. Soekarno
- Kiai Abdul Kahar Moezakkir
- K. H. A. Wachid Hasjim
- Abikusno Tjokrosujoso
- H. Agus Salim

e. Rumusan Akhir Pancasila yang ditetapkan tanggal 18 Agustus 1945 dalam siding PPKI. Yaitu yang terdapat dalam pembukaan undang – undang dasar 1945 pada Alenia IV. Dan bangsa Indonesia bertekad bahwa Pancasila sebagai Dasar Negara
3. Fungsi pokok Pancasila sebagai Dasar Negara dan Ideologi Negara.
Bahwa pancasila dipergunakan sebagai dasar untuk mengatur pemerintahan dan mengatur Negara. Pancasila merupakan fundamen yang kokoh / kuat dalam mengatur kehidupan ketatanegaraan. Dan pancasila sebagai Ideologi Negara adalah sumber Negara adalah sumber / kumpulan ide, gagasan dan cita – cita bangsa Indonesia yang melahirkan aturan – aturan dalam kehidupan bernegara.
F. Model Pembelajaran & Kegiatan Pembelajaran
a. Model Pembelajaran dan Metode
- Model : Tim Siswa – Kelompok prestasi (student Teams – Achivement Divisions)
- Metode : Diskusi & Tanya Jawab / Kuis

b. Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Awal (+ 10 menit)
- Guru menanyakan kesiapan siswa untuk mengikuti proses pembelajaran hari ini dan menyampaikan tujuan pembelajaran
- Guru memberikan sedikit penjelasan untuk mengantarkan ssiwa pada materi yang akan dipelajari dalam proses pembelajaran hari ini.
- Guru memberikan petunjuk, yaitu membentuk kelompok masing – masing 4 siswa yang anggotanya heterogen. (campuran menurut prestasi, jenis kelamin dll).

b. Kegiatan inti ( + 70 menit)
- Siswa bergabung dengan teman satu kelompok dan mulai mendiskusikan / mengerjakan soal – soal / tugas yang telah disiapkan Guru.
- Siswa anggota kelompok yang tahu / siswa pandai menjelaskan kepada teman – teman anggota kelompoknya sampai semua mengerti.
- Anggota kelompok harus dapat memotivasi teman – temannya agar konsentrasi dan mau bertanya / aktif dalam proses pembelajaran.
- Siswa secara keseluruhan menjawab kuis / pertanyaan dari guru. Dan pada saat menjawab pertanyaan dari guru tidak boleh saling membantu.

c. Kegiatqan Penutup ( + 10 menit)
- Siswa bersama guru menyimpulkan hasil diskusi dan memberi penguatan terhadap siswa yang bersemangat dan berpartisipasi aktif dalam pembelajaran.
- Siswa mengumpulkan hasil dari diskkusinya
- Guru meminta siswa untuk membaca, dan mempelajari materi selanjutnya untuk pertemuan minggu depan.
G. Evaluasi
1. Tes Tertulis
Kisi – kisi soal tugas XII
No
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator Soal
Bentuk Soal
B. Soal
1.
Menampilkan Sikap positif terhadap Pancasila sebagai Ideologi terbuka
Mendeskripsikan Pancasila Sebagai Idelogi Terbuka
Makana Ideologi Negara
Menyebutkan definisi Ideologi menurut Dr. Alfian
Pilihan Ganda
4
2
Menampilkan sikap positif terhadap pancasila sebagai Ideologi terbuka
Mendeskripsikan pancasila sebagai Ideologi terbuka
Proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara
Menyebutkan rancangan dasar Negara (Pancasila) menurut rumusan Ir. Soekarno
Pilihan Ganda
4
3
Menampilkan sikap positif terhadap pancasila sebagai Ideologi terbuka
Mendeskripsikan pancasila sebagai Ideologi terbuka
Proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara
Menyebutkan sila yangberbeda pada Piagam Jakarta dan Pancasila yang sah
Pilihan Ganda
4
4
Menampilkan sikap positif terhadap pancasila sebagai Ideologi terbuka
Mendeskripsikan pancasila sebagai Ideologi terbuka
Proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara
Menyebutkan lembaga yang mengesahkan pancasila sebagai dasar Negara
Pilihan Ganda
4
5
Menampilkan sikap positif terhadap pancasila sebagai Ideologi terbuka
Mendeskripsikan pancasila sebagai Ideologi terbuka
Fungsi pancasila sebagai dasar Negara
Menyebutkan pancasila sebagai dasar Negara
Pilihan Ganda
4
6
Menampilkan sikap positif terhadap pancasila sebagai Ideologi terbuka
Mendeskripsikan pancasila sebagai Ideologi terbuka
Makna Ideologi Negara
Menjelaskan makna ideology Negara
Uraian
16
7
Menampilkan sikap positif terhadap pancasila sebagai Ideologi terbuka
Mendeskripsikan pancasila sebagai Ideologi terbuka
Proses perumusan pancasila sebagai dasar Negara
Menyebutkan rumusan pancasila menurut IR. Soekarno
Uraian
16
8
Menampilkan sikap positif terhadap pancasila sebagai Ideologi terbuka
Mendeskripsikan pancasila sebagai Ideologi terbuka
Proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara
Menyebutkan rumusan pancasila yang sah tercantum dalam piagam Jakarta
Uraian
16
9
Menampilkan sikap positif terhadap pancasila sebagai Ideologi terbuka
Mendeskripsikan pancasila sebagai Ideologi terbuka
Proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara
Siswa dapat menjelaskan pancasila yang sah yang dijadikan sebagai dasar Negara
Uraian
16
10
Menampilkan sikap positif terhadap pancasila sebagai Ideologi terbuka
Mendeskripsikan pancasila sebagai Ideologi terbuka
Fungsi Pancasila sebagai ideology Negara
Menjelaskan pancasila sebagai Ideologi Negara
Uraian
16
2. Bentuk Soal
A. Pilihan Ganda
1. Tokoh yang berpendapat bahwa Ideologi adalah suatu pandangan atau system nilai yang menyeluruh dan mendalam tentang bagaimana cara yang sebaiknya yaitu secara moral benar adalah …
a. Dr. Alfian c. Suprapto e. F. Hegel
b. Moerdiono d. Max Weber
2. Internasionalisme tercantum dalam rancangan dasar Negara (pancasila) rumusan …
a. BPUPKI c. Muh. Yamin e. Ir. Soekarno
b. PPKI d. Prof Soepomo
3. Perbedaan pancasila yang termuat dalam piagam Jakarta (Jakarta Chaler) dengan yang berlaku sekarang terletak pada sila …
a. ke lima c. Ke tiga e. Pertama
b. Ke empat d. Ke dua
4. Lembaga yang mengesahkan pancasila sebagai dasar Negara adalah …
a. KNIP c. PPKI e. DPR
b. MPR d. BPUPKI
5. Pancasila sebagai landasan dalam menjalankan pemerintahan Negara berarti pancasila berfungsi sebagai …
a. Ideologi Negara d. Dasar Negara
b. Pandangan Hidup bangsa e. Sumber dari segala Sumber hukum
c. Kepribadian bangsa

B. Bentuk Soal Uraian :
1. Jelaskan Maknda dari Ideologi Negara!
2. Sebutkan rumusan Pancasila menurut Mr. Muhammad Yamin dalam siding BPUPKI tanggal 29 Mei 1945!
3. Sebutkan rumusan pancasila menurut Piagam Jakarta !
4. Jelaskan rumusan Pancasila yang sah yang berlaku bagi bangsa Indonesia!
5. Jelaskan Fungsi Pancasila sebagai Ideologi Negara!
3. Pedoman Penilaian
a. Kunci Jawaban
- Soal Pilihan ganda

1. A
2. E
3. E
4. C
5. D

Soal Uraian :
1. Makna Ideologi Negara : Kumpulan Ide, Gagasan dan cita – cita yang melahirkan aturan – aturan dalam kehidupan bernegara.
2. Rumusan Pancasila menurut Muh. Yamin
- Peri Kebangsaan
- Peri Kemanusiaan
- Peri Ketuhanan
- Peri Kerakyatan
- Kesejahteraan Rakyat
3. Rumusan Pancasila menurut Piagam Jakarta
- Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syari’at Islam bagi pemeluk – pemeluknya.
- Kemanusiaan yang adil dan beradab
- Persatuan Indonesia
- Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan.
- Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
4. Pancasila yang saha terdapat dalam Pembukaan UUD 1945 alenia IV.
5. Pancasila sebagai Ideologi Negara : sebagai sumber / kumpulan ide, gagasan dan cita – cita bangsa Indonesia yang melahirkan aturan – aturan dalam kehidupan bernegara / penyelenggaraan ketatanegaraan.

b. Petunjuk Penilaian
- Skor maksimum pilihan ganda 20 (A)
- Skor Maksimum Uraian 80 (B)
- Rumus Penilaian :